Memanfaatkan Kayu Kelapa

6 Agu

Untuk Rumah

 

 

Salah satu material yang cukup berlimpah di Indonesia adalah kayu kelapa. Walaupun jarang digunakan sebagai material bangunan karena kayu ini keras dan teksturnya kasar. Namun bila diolah dengan tepat akan menghasilkan bangunan yang unik, karena tekstur kayu kelapa sangat khas, tetapi finishingnya tidak bisa sehalus kayu borne, meranti, ataupun kamper.

Harganya pun jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kayu seberang (su­matera, Kalimantan). Rumah kayu yang terbuat dari kayu kelapa biayanya sekitar 1,2 juta -2juta/m2 bandingkan bila me­nggunakan kayu seberang yang harganya bisa diatas 3 juta/ m2.

 

 

 

Untuk Mushola

Berawal dari seorang teman yang meminta dibuatkan desain mushola,Kami pun membuat sebuah desain mushola yang terbuat dari kayu kelapa. Dengan ukuran 6m x 6m diharapkan mushola ini dapat menampung minimal 40 orang bila digunakan shallat berjamaah.

Mushola ini didesain terbuka tanpa adanya dinding sehingga tidak pengap walaupun ukurannya kecil. Dinding hanya ada dibagian depan (arah kiblat) itupun hanya dinding transparan dari balok kayu yang mengikuti pola tertentu.

Lantai mushola ini adalah lantai panggung yang terbuat dari kayu kelapa dengan ketinggian sekitar 60cm dari permukaan tanah. Diharapkan lantai yang lebih tinggi dari tanah disekitarnya dapat memberikan kesan Agung pada mushola ini.

Bentuk atap sebenarnya mengadopsi dari atap joglo, namun hanya mengambil bagian atasnya saja. Agar Rumah kelihatan Menjulang, sehingga kesan menjulang pada mushola ini sangat terasa. Ketinggian musala ini dari tanah hingga puncak atap adalah sekitar 9 meter hampir setara dengan rumah tinggal dua lantai. Tentu saja dengan ketinggian ini kesan Agung pada musala ini sangat terasa.

Selain untuk digunakan di sekolah, mushola ini cocok juga bila ditempatkan di tempat lain, misalkan saja di cluster perumahan yang hanya terdiri dari unit rumah yang jumlahnya sedikit, di area resort, di restoran atau rest area, di SPBU atau dimana saja yang perlu adanya mushola.

Dengan konstruksi yang dapat dibongkar pasang (knockdown), memungkinkan bagi musala ini untuk dikirim ke mana pun di wilayah Indonesia bahkan ke luar negeri. Mushola dengan luas sekitar 36 m2 ini bisa dipesan dengan harga 45 juta rupiah (belum termasuk biaya pengiriman). Lama pembuatan sekitar 3 minggu di workshop dan 2 minggu pemasangan di lokasi.

 

                                                                                        Dapur yang Sehat dan Nyaman Idaman Keluarga

 

DAPUR, ruangan yang identik menjadi tempat berakivitas para ibu rumah tangga. Di tempat inilah, para ibu menyediakan makanan untuk suami dan anaknya. Berbicara tentang penataan dapur memang seakan tiada habisnya. Area ini sering dilupakan penataannya, namun di sisi lain menjadi jantung bagi kehidupan penghuni.

 

Berbagai cara pun dilakukan agar dapur tak lagi menjadi tempat yang tak terjamah keindahan. Tak hanya memikirkan keindahan, faktor keamanan dan kenyamanan pun memegang peranan penting untuk menata dapur. Namun tak bisa dimungkiri, tetap ada hal-hal yang luput dari per­hatian karena dianggap sepele padahal juga memegang peranan untuk membuat dapur semakin nyaman, seperti bila ada jendela di ruang dapur, letakkan tempat mencuci piring di bawahnya sehingga saat anda mencuci pun bisa “dihibur” dengan pemandangan di luar jendela.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: